Histats

Wednesday 10 September 2014

APAKAH MEMBICARAKAN ORANG LAIN ITU MEMBATALKAN PUASA

Assalamu ‘Alaikum WR.WB.
Buya Yahya saya mau bertanya, saya kan sedang puasa tapi saya selalu membicarakan orang apakah puasa saya batal, dan saya dapat dosa tidak? padahal saya membicarakan kebagusan orang itu?

Wa’alaikum Salam WR. WB.
Membicarakan orang lain bukan termasuk 9 hal yang membatalkan puasa. Akan tetapi para Ulama menjelaskan bahwa membicarakan kejelekan orang lain menjadikan pahala puasa yang dilakukan akan habis. Dan tidak hanya sampai di situ saja akan tetapi dosa menggunjing adalah sungguh amatlah sangat besar. Jika perzinaan adalah hina dan sangat hina maka menggunjing adalah lebih hina dari itu semua. Oleh sebab itu mari kita senantiasa menjaga lidah kita dari menggunjing orang lain. Adapun membicaran kebaikan orang lain jika maksudnya adalah baik misalnya sebagai contoh untuk ditiru maka hal itu adalah seuatu yang sangat dianjurkan. Jadi membicarakan kebaikan orang lain bukanlah menggunjing yang dilarang, tidak membatalkan puasa dan tidak menghilangkan pahalanya bahkan justru menambah pahala. BUYA YAHYA

No comments:

Post a Comment